APA ITU EGO NETWORK?

APA ITU EGO NETWORK?

Ego  Network  adalah  jejaring  sosial  yang  kita  miliki,  atau  dengan  kata  lain  jejaring  sosial  dengan  kita  sebagai  pusatnya.  Dengan  melihat  jejaring  sosial  yang  kita  miliki,  kita  bisa  mengetahui  karakteristik  dari  lingkungan  kita  seperti  siapa  saja  teman  kita,  seberapa  besar  jangkauan  pertemanan  kita,  ada  berapa  kelompok/grup  pertemanan  yang  kita  miliki,  dll.  (Alamsyah,  2014).

Package adalah cara untuk mengelompokan data menjadi satu untuk melakukannya bisa dengan twitter supaya menarik datanya ke R studio.

Pengukuran karakteristik dari lingkungan seperti siap saja temennya, bisa menggunakan R studio untuk mengcrawl data dan untuk visulaisainya kita bisa menggunakan Gephi dalam menjelaskannya secara gambar/grafik.

Node merupakan aktor individu di dalam jaringan sosal.

Edge yaitu hubungan, relasi, dan interaksi antar node di dalam jaringan sosial.

Contoh

Data node yang digunakan untuk membuat gephi.

Data Edges yang digunakan untuk pembuatan gephi.

Visualisasi

Network graph ini merupakan grafik yang menggambarkan item-item dalam bentuk nodes dan hubungan/edges setiap nodes untuk menggambarkan kedekatannya. Hasil gephi seperti jaringan yang terhubung antar satu dengan yang lainnya, yang menunjukan adanya interaksi antara node, yang membedakan kelompok node satu dengan yang lainnya bisa dilihat dengan warna yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *