Penggunaan Big Data pada JOOX

Big data adalah data berukuran besar yang volumenya akan terus bertambah, terdiri dari berbagai jenis atau varietas data, terbentuk secara terus menerus dengan kecepatan tertentu dan harus diproses dengan kecepatan tertentu pula.Big data dapat juga didefinisikan data yang sudah sulit untuk dikoleksi, disimpan dan dikelola maupun dianalisa dengan menggunakan system database yang biasa karena volumenya yang terus berlipat.
• Tujuan
Joox merupakan aplikasi yang menyediakan music/lagu dari dalam negri maupun luar negri yang diikuti dengan lirik dari lagu tersebut, joox menyediakan berbagai jenis genre music yang ada di dunia, selain itu joox menyediakan tempat karoke untuk pelanggannya dan radio. Untuk menarik pelanggganya joox bekerjasama dengan facebook dimana aplikasi ini sudah diikuti oleh banyak orang. Ketika joox menggunakan big data maka akan mempermudah proses penyimpanan data pengguna joox, music yang terdapat di joox ataupun lirik lagu yang tersimpan di joox.
• Pemasalahan
Permasalahan yang tedapat pada joox yaitu sering tidak munculnya lirik pada suatu lagu, dan lirik yang muncul tidak sejalan dengan music yang diputar. Selain itu terkadang banyak rekaman lagu yang sudah tidak jelas suaranya dan joox lambat untuk mengupdate lagunya. Hal tersebut bisa terjadi apabila data yang digunakan belum sempurna dan terjadi kesalahan pada penyimpanan data atau terjadinya error pada data.
• Solusi
Untuk mengatasi masalah data pada joox berupa rekaman lagu, lirik lagu, nama artis dan lainnya. Sebaiknya menggunakan big data untuk mempermudah proses pengmabilan data, agar para pelanggan dapat menikmati lagu yang diputar tanpa adanya kendala dan hambtan.

• Reference
Sujana, A. P. (2013). Memanfaatkan Big Data untuk Mendeteksi Emosi. Jurnal Teknik Komputer Unikom, 1-4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *